Rahasia Trader Sukses Meraup Profit dibanding dengan Trader lainnya dalam Waktu Bersamaan

Banyak trader yang malang melintang di dunia trading tapi hanya segelintir saja yang mampu menghasilkan profit konsisten, sisanya masih berkutat mempertahankan diri dari kekalahan. Padahal faktanya hanya ada 2 jenis analisa dalam trading, analisa teknikal dan fundamental. Padahal semua trader menguasai hal tersebut dan tentunya sudah tahu mengenai arah pasar akan bergerak. Lalu apa yang membedakan trader sukses dengan yang sering mendapatkan kerugian?

Inilah rahasianya...

Psikologi
Pada kenyataannya, banyak sekali trader yang menemui kegagalan karena tidak mampu menguasai emosi. Trading plan adalah semacam aturan yang bisa diterapkan untuk diri sendiri. Bisa kita rencanakan dengan baik setiap strategi trading kita, dan eksekusi rencana itu ketika tiba waktunya tanpa ragu. Memiliki psikologi trading yang baik, terutama bagi pemula, belajar menerima kekalahan dengan melakukan cut loss lebih disarankan daripada terus menuruti emosi dengan membuka posisi hedging. bukan berarti salah satunya lebih baik dari yang lain, tapi belajar untuk menerima rugi bisa lebih bermanfaat untuk mempelajari strategi trading daripada terus berusaha menutupi kekalahan dengan langkah yang belum pasti bisa diandalkan. Hanya mental seorang pemenang yang dapat mengelola modalnya dan merubahnya menjadi luar biasa besarnya. Latih mental diperlukan untuk melakukan trading Plan your trade, trade your plan. 

Jangan lupakan hal ini...

1. Trading = bisnis

Buatlah trading sebagai 'ladang' kita mencari keuntungan. Sebagaimana seorang profesional yang melakukan usaha dibidangnya, kita harus mampu menekuninya dengan sepenuh hati. Di ibaratkan kita pemilik perusahaan yang berkembang dan menjalankan bisnisnya dengan serius, maka kita akan melakukan sebaik mungkin. Jangan jadikan trading sebagai permainan atau olahraga ekstrem yang menantang, tapi buatlah selayaknya profesional yang sedang membangun bisnisnya.
 

2. Kemenangan ataupun kekalahan adalah hal yang biasa

Berperilakulah selayaknya, saat kita mendapatkan profit lalu mulai berpikir berlebihan untuk mendapatkan lebih banyak lagi. Pahami bahwa tidak mengapa sesekali mengambil satu langkah mundur untuk mengambil dua langkah maju.Ketika harga sudah menyentuh target profit, sudahlah akhiri. Terima itu. Meskipun harga ternyata masih melanjutkan pergerakannya. Anda masih memiliki banyak waktu untuk mencari peluang lain.

3. Sabar dan Disiplin

Sabar untuk tidak melakukan apapun sampai saat yang tepat datang, ambil keuntungan itu. Jangan overtrade. Jangan tergoda untuk melakukan transaksi dalam jumlah besar tanpa didukung oleh perhitungan dan manajemen modal yang baik.

4. Trading adalah permainan probabilitas

Tujuan trading adalah mendapatkan keuntungan dari frekuensi aktivitas trading kita. Tidak penting seberapa kali kita loss, yang penting adalah total dari keuntungan yang kita dapat lebih besar dari total kerugian kita. Jangan perhitungkan kesalahan yang telah terjadi, karena yang terpenting adalah apa yang akan dilakukan selanjutnya.

5. Money Management

Hanya dengan teknik money management yang hebat yang mampu memaksimalkan persentase win kecil berbuah profit besar. Banyak trader yang mengindahkan hal ini untuk mendapatkan profit yang jauh lebih besar dalam waktu singkat. Mereka tidak ingat bahwa semakin besar jumlah transaksi yang dilakukan maka potensi kerugiannya pun akan semakin besar pula. Apakah ada orang yang diberkati dengan kemampuan money management yang baik? sepertinya tidak. Namun sejauh ini bahkan trader terhebat pun memperoleh kemampuan tersebut dari belajar dan berdasarkan pengalaman bertahun-tahun menggeluti pasar.