Keuntungan Investasi Emas

Emas sejak jaman dahulu telah dianggap sebagai logam berharga yang menunjukkan status ekonomi dan sosial seseorang dalam masyarakat. Di Indonesia, emas banyak ditemukan di berbagai daerah yang tersebar luas di pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, sampai Papua juga daerah Indonesia Timur. Saat ini, emas banyak dimiliki dalam bentuk perhiasan, koin emas atau batangan. Karena nilai emas yang tinggi, banyak orang menganggap emas sebagai bentuk investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang, Keuntungan investasi emas yang dipandang oleh banyak investor cenderung disebabkan oleh cara investasi emas yang tidak rumit serta harga emas yang selalu meningkat dengan perlahan.

Mayoritas investor baik pemula maupun berpengalaman melakukan investasi emas dalam bermacam jenis, misalnya emas berjangka, perhiasan, emas pertambangan, reksa dana emas, koin emas, emas batangan, dan investasi emas simpanan karena banyaknya keuntungan investasi emas yang bisa diperolehnya.
 
Macam-macam Keuntungan Investasi Emas
Dibandingkan investasi properti yang cenderung membutuhkan dana yang cukup besar, investasi emas bisa menjadi alternatif lain untuk berinvestasi. Tentunya dengan berbagai keuntungannya sebagai berikut:
 

1. Emas Mudah Dicairkan

Dahulu sebelum uang dijadikan alat tukar yang sah, emas telah dijadikan alat tukar dalam kehidupan masyarakat di dalam dan luar negeri guna membeli kebutuhan sehari-hari. Ini bukti bahwa emas sejak lama telah bernilai tinggi.

Likuiditas logam mulia yang tinggi ini menjadi sebab mengapa emas mulai dijual apabila pemiliknya sedang membutuhkan uang. Penjualan emas yang mudah melalui perantara seperti toko emas, pegadaian, maupun orang-orang yang berminat membeli logam mulia, sungguh mempersingkat waktu untuk memperoleh dana cair yang kita butuhkan untuk memenuhi keperluan kita.
 

2. Emas Bebas dari Pajak

Investasi emas dalam bentuk fisik tidak akan merugikan malah selalu menguntungkan karena investor tidak terkena biaya pajak. Berpapun jumlah emas dan seberat apapun emas yang kita miliki tidak akan di kenakan pajak.
 

3. Emas Sebagai Pelindung Kekayaan

Emas tidak terpengaruh oleh krisis ekonomi dan keputusan pemerintah. Keuntungan lainnya emas dapat dimiliki sebanyak-banyaknya tanpa batas jumlah kepemilikan. 

4. Emas Sebagai Investasi Masa Depan  

Karena nilai aset logam mulia yang nyata, emas banyak bermanfaat untuk investasi jangka panjang. Misalnya sebagai tabungan untuk keperluan pendidikan, biaya naik haji, umroh, pernikahan atau kebutuhan lainnya. Kita dapat menjual atau menggadaikannya ke lembaga resmi seperti bank dan pegadaian.
 

5. Emas Memiliki Resiko Rendah dan Bebas Inflasi

Memilih berinvestasi emas merupakan yang tepat karena disamping investasi properti, investasi emas juga bebas dari inflasi. Investasi emas sama seperti investasi tanah yang beresiko rendah karena selalu berdasarkan harga jual emas yang berlaku di pasaran saat itu.