Bullish, Bearish dan Sideways

Di berita televisi atau di artikel sering membaca atau mendengar bahwa harga emas akan BULLISH atau BEARISH. Mengapa dinamakan demikian dan apa artinya? Dinamakan demikian, karena BULL (Banteng) dan BEAR (beruang) memiliki persamaan perilaku dengan pergerakan harga pasar dengan perilaku hewan-hewan tersebut. Contohnya saja jika kita gambarkan bull dalam hal menyerang lawannya dia akan menunduk lalu menyeruduk dan melempar lawannya ke atas. Sama hal-nya dengan keadaan harga emas, sebelum harga naik emas akan turun dulu menuju titik rendah baru kemudian akan terdorong naik tinggi ke atas. Begitu pula dengan bear, beruang ketika akan menyerang dia akan mengangkat tangannya lalu menghempaskannya ke bawah. Bila disamakan dengan harga emas di pasar, indikasi sebelum harga turun, harganya akan naik dulu seolah-olah akan naik terus, padahal akan turun.

Banteng dapat dikatakan sebagai pembeli, sedangkan beruang dianggap sebagai penjual. Saat jumlah pembeli lebih banyak dibandingkan jumlah penjual makan akan terjadi bullish. Kebalikannya, jika jumlah penjual lebih banyak dibandingkan dengan pembeli maka akan terjadi bearish. Ketika jumlah penjual dan pembeli berimbang maka harga akan bergerak SIDEWAYS (datar). Pada posisi ini lah biasanya akan terjadi tarik ulur dan perubahan momentum.

Bila terjadi bullish pada pasar forex, posisi ini akan disebut dengan UpTrendMarket. Dimana currency dasar mengalami kenaikan nilai, sedangkan currency pasangannya mengalami penurunan nilai.
Sebagai contoh EUR/USD, jika EUR/USD sedang dalam bullish market, berarti EUR sedang mengalami kenaikan nilai sedangkan USD sedang kehilangan/penurunan nilai. Pada pasar emas, ada baiknya kita tidak selalu memperhatikan harga emas kemarin atau malah hari sebelumnya saja saat kita akan membeli emas dalam rentang pendek. Karena harga tersebut tidak dapat di pastikan untuk menentukan kapan kita dapat buy atau sell. Selalu rutinkan untuk melihat grafik harga dengan menggunakan indiktaor-indikator yang cocok dan baik menurut Anda.